Senin, 27 Desember 2010

Polusi Udara Sebabkan Bayi Prematur

Perempuan yang tinggal di dekat jalur lalu Lintas padat kemungkinan besar bisa melahirkan bayi prematur. Hal ini berkaitan dengan tingginya tingkat polusi udara di sekitarnya.


Takashi Yorifuji dari sekolah kedokteran Okayama, Jepang meneliti lebih dari 14 ribu bayi yang lahir antara 1997 hingga 2008 di Shizuoka, sekitar 150 km sebelah barat Tokyo. Dia mendapatkan data setiap kelahiran dan seberapa dekat jalan raya dengan tempat tinggal si ibu.

“Polusi udara bisa menjadi faktor potensial penyebab kelahiran prematur.” Kata Yorifuji. Secara keseluruhan, 15 persen perempuan yang tinggal sekitar 200 meter dari jalan utama melahirkan bayi sebelum usia kandungan mencapai 37 minggu. Sementara yang jaraknya sedikit agak jauh jumlahnya 10 persen. Usia kehamilan yang normal selama 40 minggu.

Faktor lain penyebab kelahiran prematur adalah usia, pekerjaan dan kebiasaan merokok. Namun tim dari Jepang ini menegaskan, 50 persen kelahiran prematur dialami perempuan yang terpapar polusi udara.
Perempuan yang tinggal di dekat jalan raya juga berisiko mengalami tekanan darah tinggi dan pecah ketuban lebih cepat, kedua sangat berpotensi menyebabkan kelahiran prematur.

Jadi apa yang bisa dilakukan ibu hamil yang terpaksa tinggal di dekat jalan raya? Yorifuji meminta  ibu hamil mengurangi kegiatan di luar rumah, menghentikan kebiasaan merokok dan memperbaiki pola makan.

Sumber: Reuters dan greenradio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar