Selasa, 21 Desember 2010

Air minum AS tercemar zat yang menyebabkan kangker

Kelompok Environmental Working Group Amerika Serikat menemukan air minum di 35 negara bagian Amerika Serikat mengandung karsinogen, zat yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Laporan ini dimuat dalam harian Washington Post edisi Senin (20/12).


Studi yang dilakukan kelompok ini merupakan yang pertama untuk mengetahui kandungan kimia di sistem saluran air minum AS. Mereka menemukan hexavalent chromium di contoh air yang diambil dari 35 negara bagian. Dari jumlah itu, 25 negara bagian mememiliki kandungan zat yang sangat tinggi.
Hexavalent chromium jika terhirup bisa menyebabkan kanker paru-paru. Zat ini juga bisa merusak hati dan ginjal sama dengan leukemia, kanker perut dan jenis kanker lainnya.

Kandungan karsinogen ini banyak digunakan industri hingga awal 1990-an, hexavalent chromium masih digunakan beberapa industri seperti penyepuhan krom dan pabrik plastik serta pewarna. Racun kimia ini juga bisa masuk ke air bawah tanah.
Kasus pencemaran Hexavalent chromium mulai terkenal saat dibahas di film "Erin Brockovich" tahun 2000 lalu.

“Zat kimia ini sudah digunakan oleh banyak industri di seluruh AS dan itu tidak mengejutkan saya,” kata Brockovich, yang mewakili masyarakat Hinkley, Kalifornia  melawan perusahaan Pacific Gas & Electric.
Saat itu PG&E dituding mencemari air warga selama 30 tahun. Perusahaan tersebut akhirnya membayar ganti rugi 333 juta dolara kepada 600 warga kota Hinkley.

Sumber: AFP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar