Senin, 27 Desember 2010

Sungai Potensi Lepaskan Gas Rumah Kaca

Sungai bisa menjadi sumber munculnya gas rumah kaca nitro oksida. Para ilmuwan menghitung bahwa seluruh sungai di dunia menyumbang tiga kali lebih banyak gas nitro oksida ke atmosfer dibanding perkiraan International Panel on Cliemate Change (IPCC). Menurut mereka, tingginya kandungan nitro oksida di aliran sungai berkaitan dengan aktivitas manusia yang melepaskan nitrogen ke lingkungan, seperti penggunaan pupuk dan pembuangan limbah.

“Aktivitas manusia, termasuk penggunaan bahan bakar fosil dan pertanian, menyebabkan meningkatnya kadar nitrogen di lingkungan. Banyak nitrogen itu terbawa aliran sungai,” kata Jake Beaulieu dari Universitas Notre Dame.

Melalui proses denitrifikasi, mikroba mengubah nitrogen meniadi nitro oksida dan gas kimia dinitrogen. Temuan ini sangat penting karena nitro osida adalah gas rumah kaca yang berkontribusi pada terjadinya perubahan iklim dan rusaknya lapisan ozon di stratosfer yang melindungi manusia dari radiasi ultaviolet.
Dibandingkan dengan karbon dioksida, nitro oksida 300 kali lebih ampuh, meskipun karbon dioksida lebih banyak terdapat dalam gas rumah kaca. Beaulieu dan rekan-rekannya mempelajari 72 aliran sungai di seluruh Amerika Serikat. Hasilnya, sungai dan alirannya menjadi sumber lepasnya 10 persen emisi nitro oksida ke atmosfer.

Sumber: livescience.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar