Senin, 27 Desember 2010

Polusi Udara Pengaruhi Fungsi Pembuluh Darah

Bernapas di udara yang tercemar meski hanya dua jam saja dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu munculnya penyakit pembuluh darah. Robert D Brook, asisten profesor fakultas kesehatan Universitas Michigan mengatakan, udara kotor bisa memicu serangan jantung atau stroke.
 
Diperkirakan satu dari tiga orang Amerika mengalami tekanan darah tinggi. Universitas itu baru saja melakukan penelitian terhadap 83 orang yang terpapar polusi udara yang mirip dengan kondisi udara di perkotaan.

“Kami mengamati pembuluh darah mereka dan respon sebelum serta sesudah mereka menghirup udara yang kotor,” kata  Robert Bard, koodinator penelitian  Universitas Michigan.
Dari penelitian itu ditemukan, dalam dua jam polusi udara telah menyebabkan rendahnya jumlah darah dalam tubuh. Sekitar 24 jam kemudian pembuluh darah mulai terganggu.
Hasil tes juga menunjukkan partikel-partikel kecil di udara menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan mempengaruhi fungsi pembuluh darah.

“Jika tingkat pencemaran udara sudah tinggi, mereka yang pernah mengalami sakit jantung, diabetes atau paru-paru harus menghindari aktivitas di luar ruangan,” kata Brook.


Sumber: HealthDay News dan greenradio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar