Kamis, 23 Desember 2010

cara mengatasi perselingkuhan

Bagi yang pernah mengalami perselingkuhan ini, tentu sangat bisa merasakan betapa menyakitkan dan mengecewakan mendapatkan pasangan yang selingkuh. Tidak ada kata-kata yang cukup untuk menggambarkannya. Namun bagi sebagian orang, sama sulitnya melepas dan mengakhiri hubungan dengan pasangan tersebut.Walaupun mungkin telah dicoba dengan berbagai cara, tetap saja tidak bisa mengakhiri hubungan dengannya, sambil terus bergelut dengan berbagi perasaan, tidak bisa menerima perselingkuhan yang ia lakukan.

Akan dibawa ke manakah hubungan anda?

Ini adalah pertanyaan mendasar yang harus anda jawab. Lepaskan semua pemikiran lain, dan dahulukan kepututusan ini. Steven Covey menyarankan: “Begin with the end in mind”, mulailah dengan tujuan akhir dalam pikiran anda. Baru kemudian secara kreatif dan arif cari berbagai opsi yang terbuka untuk mencapainya. Bukankah dengan berkubang dalam permasalahan dan terbenam dalam emosi negatif hanya akan semakin memperburuk situasi? Ketahuilah bahwa semua pemikiran, pandangan dan perasaan bisa diprogramkan untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik dan jiwa yang lebih seimbang. Semua itu semata-mata merupakan keputusan anda sendiri. Ambil keputusan, dan take action!

Selingkuh yang bagaimana?

Bila anda memutuskan untuk melepas dan mengakhiri hubungan anda, setelah mempertimbangkannya masak-masak, lakukanlah segera, hadapilah yang ada dihadapan anda, dan wujudkan masa depan anda.

Bila anda memutuskan untuk terus melanjutkan hubungan dengannya, anda perlu secara rinci mendefinisikan apa yang anda maksud dengan “selingkuh”. Terdapat rentang spektrum yang begitu lebar dalam pemaknaan setiap orang tentang selingkuh. Ada yang menganggap pasangannya telah berselingkuh dengan melirik dan mengagumi ketampanan atau kecantikan seseorang, dan ada yang menganggap selama perasaan cinta, sayang dan hubungan fisik belum terjadi belumlah dapat dikatakan selingkuh.

Pemaknaan seseorang terhadap suatu kejadian, terlebih tentang hal seserius selingkuh, sangatlah penting dan mempengaruhi perasaan, pandangan dan oleh karenanya juga sangat menentukan cara penyelesaiannya. Di samping itu, pemaknaan seorang individu tentang cara berhubungan yang layak bisa berbeda dari norma umum yang ada dalam kelompok sosial lingkungannya. Itulah sebabnya dalam kelompok sosial tertentu, seseorang bisa dipandang terlalu “pencemburu” dan mempermasalahkan hal-hal yang remeh. Anda dan pasangan perlu menyelaraskan pandangan dan pemaknaan cara berhubungan sosial yang bisa anda terima bersama. Perlu landasan yang kokoh untuk memulai upaya pemulihan hubungan anda berdua.

Upaya bersama.

Di samping platform yang sama, salah satu hal mendasar yang mutlak diperlukan untuk memperbaiki hubungan anda adalah memaafkan. Hal yang sangat lebih mudah diucapkan namun amat tidak mudah untuk dijalankan ini adalah upaya dua pihak, yang memaafkan dan yang dimaafkan. Upaya bersama ini perlu terus dikomunikasikan secara terbuka. Ini adalah tentang hubungan anda dan dia. Maka upaya untuk memperbaiki dan menumbuh-kembangkannya haruslah dari anda berdua. Bukankah betapa “bodohnya” terus menerus memaafkan orang yang selalu berselingkuh? Bukankah betapa kosongnya harapan anda yang telah sadar dan berhenti berselingkuh serta bertekad membangun kembali hubungan, sementara terus tidak mendapatkan maaf dari pasangan anda?

Anda memerlukan Road Map.

Segala upaya memerlukan rencana yang baik. Anda bisa lebih objektif menghadapi berbagai dinamika realita perkembangannya bila anda memiliki ‘road map’ (peta perjalan) nya. Terlebih karena upaya ini dilakukan berdua bersama pasangan anda. Lebih baik lagi bila rencana perjalanan anda ini dilengkapi dengan target waktu yang spesifik. Dengan demikian pengharapan semua pihak jelas tergambarkan, sehingga segala pencapaian, termasuk penyimpangan yang memang bisa terjadi, dapat terkomunikasi secara jelas dan transparan. Kejelasan dan transparansi total sangat dibutuhkan karena ini adalah upaya membangun kembali kepercayaan.


(perempuan.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar