Jumat, 21 Januari 2011

duduk tegak tak baik untuk kesehatan

PENELITIAN terkini yang dilakukan tim asal Skotlandia dan Kanada menyimpulkan duduk tegak ternyata bukan posisi yang terbaik untuk para pekerja kantoran.

Para peneliti menggunakan alat magnetic resonance imaging (MRI) untuk memotret kondisi tulang punggung pekerja yang terbiasa duduk dengan posisi tegak. Mereka menyatakan posisi duduk terbaik adalah bersandar sekitar 135 derajat.

Dengan posisi duduk yang agak bersandar itu, tulang belakang tidak akan terasa tegang. Bagian otot dan tendon juga akan lebih santai sehingga nyeri punggung bisa dihindari.

Berdasarkan data yang dirilis British Chiropractic Association, 32% populasi pekerja di dunia menghabiskan lebih dari 10 jam waktu mereka dalam sehari untuk duduk. Sebagian dari mereka tidak meninggalkan kursi sama sekali, bahkan untuk menikmati makan siang. Sebanyak dua pertiga populasi juga beraktivitas dalam posisi duduk setibanya di rumah.

"Tubuh kita tidak didesain untuk selalu berada dalam posisi duduk. Para ahli sudah memperingatkan kita, posisi duduk yang salah adalah salah satu penyebab utama nyeri punggung," ujar Rishi Loatey dari British Chiropractic Association.
sumber : mediaindonesia dan (BBC News/Mps/X-5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar