Jumat, 21 Januari 2011

kurang tidur tingkatkan resiko kanker usus

ORANG yang tidur kurang dari 6 jam dalam semalam lebih berisiko mengidap polip dalam usus besar atau rektum. Penelitian terbaru membuktikan risiko terkena penyakit adenoma kolorektal itu lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang beristirahat dengan waktu cukup.

Di antara sejumlah kasus penderita adenoma kolorektal, sebesar 10% di antaranya berkembang menjadi tumor kanker. Akibatnya, adenoma kolorektal dikenal sebagai polip prakanker dan indikator gejala yang kuat dari penyakit kanker.

Para peneliti mengatakan itu adalah penemuan pertama yang menunjukkan adanya hubungan antara kurang tidur di malam hari dan risiko adenoma kolorektal. Namun, penelitian tersebut belum menemukan bukti bahwa kurang tidur adalah penyebab munculnya polip tersebut. Tetapi, mereka menegaskan penelitian itu menunjukkan orang yang tidak cukup tidur malam hari mungkin memiliki peluang yang sama terkena kanker kolorektal sebagaimana kelompok berisiko tinggi lainnya.

"Bahkan, jika kurang tidur adalah penyebabnya, itu tidak selalu berarti Anda akan menderita kanker usus besar. Tapi jika Anda cukup tidur, Anda bisa mencegah polip, yang juga bisa mencegah kanker usus besar," kata pemimpin penelitian, Dr Li Li dari Case Comprehensive Cancer Center di Case Western Reserve University, AS.

Sumber: Mediaindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar