Kamis, 27 Januari 2011

Baju Pendeteksi Polusi Udara

Nien Lam dan Sue Ngo, dua mahasiswa lulusan N.Y.U berhasil menciptakan baju yang bisa mendeteksi sumber polusi udara, mulai dari asap rokok hingga gas buang kendaraan bermotor.
Saat ini ada dua jenis baju, satu bergambar jantung dan yang lainnya bergambar paru-paru. Dua organ itu memiliki pembuluh darah berwarna biru dan akan bercahaya jika kontak dengan karbon monoksida.
“Polusi udara ada di sekitar kita. Tidak terlihat namun pasti ada. Kami ingin semua orang bisa melihatnya,” kata Sue Ngo. 

Lam yang tinggal di kawasan padat Upper West Side, New York mengatakan, baju ini membuat para perokok di N.Y.U gugup. “Saat para perokok itu melihat proyek kami,  mereka merasa bersalah karena meracuni udara sekitarnya.” 

Lam dan Ngo memberi nama proyek ini ‘Warning Signs.’ Ngo mengatakan, kedepannya ia akan membuat baju yang bisa mendeteksi kandungan alkohol yang dikonsumsi. 

American Lung Association menyatakan enam dari 10 warga AS tinggal di wilayah dengan tingkat polusi berbahaya. Sementara rokok menyebabkan lebih dari 440 ribu orang meninggal per tahun di AS.
Sumber: huffingtonpost.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar