Rabu, 23 November 2011

Resensi - buku serba serbi kasus menarik



Judul            :      Serba- serbi kasus menarik
Penerbit       :      PT. Alumni
Halaman      :      viii + 424 halaman
Penulis         :      O.C Kaligis and Associates 
Buku serba serbi kasus menarik hadir, sebagai salah satu buku yang menyuguhkan rangkaian cerita persidangan mulai dari surat dakwaan yang dilayangkan hingga putusan dan kasasi atau bahkan banding dari suatu kasus hukum.
Yang unik di buku ini, OC tidak hanya menghadirkan kasus yang ia tangani, namun ada beberapa kasus yang juga ditangai oleh praktisi hukum lain seperti Adnan Buyung Nasiution. Pemilihan untuk memasukan beberapa perkara dari advokat lain seakan memberikan keberagaman cara untuk membela suatu kasus meskipun kasus tersebut sama. Karena dalam buku ini, ketika kasus yang hampir mirip di tangani oleh dua praktisi hukum, terdapat dua putusan pengadilan yang amat berbeda. Perbandingan yang mengahasilkan perbedaan ini, seakan mengajari kita bagaimana melihat celah dari suatu kasus.
Selain itu, buku serba serbi kasus menarik juga memberikan gambaran bahwa bukan hanya substansi/ pasal-pasal dari suatu kasus yang harus diperhatikan agar suatu kasus dapat dinyatakan menang, hal-hal formal seperti penulisan dakwaan/ penguraiaannya hingga ke legalan dari aturan hukum yang di jadikan dasar dakwaanpun dapat menjadi berbagai faktor penentu kemenangan sang Advokat.
O.C menulis buku ini dengan bahasa yang lugas sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh semua kalangan. Namun, beberapa kasus yang diangkat dalam buku ini merupakan kasus yang seragam/ kasus yang sama dengan kasus yang sudah diulas sebelumnya sehingga membuat pembaca agak sedikit jenuh.
 Sr, 23112011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar