Jumat, 22 November 2013

Menjaga kesehatan di musim hujan

Akhir akhir ini hampir setiap hari turun hujan. Udara lembap, kehujanan, dan menunda waktu makan menyebabkan tubuh lebih rentan terserang penyakit. Saat-saat seperti inilah,  tubuh membutuhkan asupan  yang tepat untuk  meningkatkan kekebalan tubuh

Jika ingin fokus pada menu makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, ada tiga komponen nutrisi yang perlu diingat, antioksidan,  protein, dan asam lemak esensial omega 3, yang memiliki kemampuan ekstra meningkatkan kemampuan tubuh guna melawan penyakit infeksi, seperti flu.

Faktor lain yang menjadi kunci tetap sehat di saat musim hujan menurut  dokter spesialis anak IDAI yang juga staf ahli Menko Kesra Bidang Pencapaian MDGs  - dr Rachmat Santika, SpA, MARS adalah meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat.

menjaga kebersihan lingkungan sekitar menjadi penting karena Lingkungan yang bersih tidak akan menjadi tempat berkembang biaknya kuman sehingga kita dapat terbebas dari berbagai jenis penyakit.

Selain itu, Musim hujan juga  tidak boleh mengubah pola olahraga dan istirahat yang telah rutin dijalani. Olahraga memungkinkan tubuh memperoleh cukup aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan jam istirahat yang cukup memungkinkan tubuh beregenerasi dan membentuk sel baru.

The last but not least, jangan  mengkonsumsi suplemen secara berlebihan. Karena pengunaan suplemen yang berlebih tidak akan meningkatkan   daya tahan tubuh namun justru membahayakan tubuh

Tetap jaga kesehatan karena kesehatan merupakan harta paling berharga bagi kita semua. Setiap aktivitas yang dilakukan sangat bergantung dari kesehatan fisik dan mental. Kesehatan optimal sangat dibutuhkan agar kita tetap fokus dan produktif dalam melakukan segala kegiatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar