Rabu, 11 Mei 2016

Trik terhindar dari tilang 3 in 1

Jengkel gak sih, kalo pagi pagi harus ketilang cuma karena 3 in 1 ?.

3 in 1 niatnya sih dibikin buat ngurangin macet, tapi sayangnya esensinya gak nyampe. Buktinya banyak banget joki. Macet gak selesai, masalah sosial jadi bermunculan.

Selain esensinya gak dapet, aturan 3 in 1 juga ngaco banget. Aturan 3 in 1 yang selama ini dipake jakarta, adalah Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 4104/2003 tertanggal 23 Desember 2003. Disini yang menarik, keputusan gubernur gak hanya berisi soal apa itu 3 in 1, daerah mana yang masuk zona 3 in 1, tapi juga ngatur soal sanksi. Pertanyaannya kemudian sejak kapan keputusan gubernur boleh mengatur sanksi? Aturan hukum yang berisi sanksi dan mengikat itu hanya uud, uu, perpu dan perda.

Jadi saat kita ditilang dengan dalih sanksi 3 in 1 jelas tidak berkekuatan hukum yang jelas. Kita bisa bersilat lidah menegaskan bahwa keputusan gubernur tak berhak mengatur soal sanksi. Keputusan gubernur hanya berisi aturan yang bersifat informasi.

Kalo pemrove emang berniat bikin tertib, ada sanksi biar 3 in 1 jalan, maka buatlah perda soal 3 in 1 dan masukan sanksi nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar