Jumat, 29 Juli 2016

Posisi anak tengah di keluarga

Apakah kamu pernah memperhatikan anak nomor dua di keluarga anda, dari saudara, kerabat, sahabat, teman dan tetangga anda. Anak nomor dua bukanlah anak paling terakhir, posisinya berada ditengah antara anak pertama dan anak terakhir. Meskipun anak pertama diharuskan mandiri, anak kedua memiliki sisi mandiri yang lahir dari auranya.

Anak nomor dua lebih mandiri menentukan tujuan dalam hal pendidikan, kerjaan, atau kegiatan positif berdasarkan hati nurani dan pilihan mereka sendiri. Tidak seperti anak pertama, dimana orangtua masih memiliki andil dalam menentukan pilihan mana yang terbaik menurut mereka, termasuk soal jurusan kuliah, soal karir, dan soal jodoh. Dia memiliki keputusan yang kuat untuk memilih jurusan kuliah yang dia suka, kerjaannya mana yang cocok, dan pasangan yang nyaman baginya. Dia juga mandiri secara ekonomi dan selalu berusaha mengumpulkan pundi rupiah dari hasil keringatnya tanpa meminta lagi dari orangtua.

Anak nomor dua lebih bijak dalam menghadapi hidup baik dalam lingkungan internal seperti keluarga maupun lingkungan eksternal. Anak nomor dua lebih dapat dipercaya dan diandalkan dalam membantu orangtua baik itu anak perempuan atau anak laki-laki. Meskipun posisi mereka adalah adik dari anak pertama tapi jika diajak berdiskusi tentang kehidupan, karir, pendidikan, dan asmara, mereka bisa memberikan nasehat dan solusi yang bijak.

Berani mencoba hal baru, tantangan, dan menerima resiko. Dalam pekerjaan, dia berani menerima tugas dan tanggungjawab namun dia juga memiliki solusi dan pemecahan masalah yang cemerlang dalam menghadapi masalah dan tantangan dalam perusahaan. Begitu juga dengan hal pendidikan, dia akan menekuni suatu bidang yang tak dia suka namun akan mengikuti alur dan proses serta berusaha menerima bahwa bidang apapun itu dalam pendidikan yang dipilih dari Tuhan, takdir atau keberuntungan merupakan pilihan terbaik. Tak heran dia akan berusaha menekuni bidang pendidikan yang sudah terlanjur dia jalani. 

http://www.hipwee.com/list/kamu-anak-kedua-bersyukurlah-karena-kamu-anak-yang-paling-bijak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar