Minggu, 28 November 2010

hormon pengaruhi kesuksesan karir


 Jika Anda menyukai tantangan berkarier dengan risiko tinggi, Anda termasuk perempuan yang memiliki level hormon testosteron tinggi. Penelitian menyebutkan, perempuan dengan level testosteron tinggi cenderung lebih berani mengambil karier berisiko tinggi. Termasuk juga lebih berani mengambil segala risiko yang dituntut dalam memperoleh karier tersebut.

Hormon ini berhubungan dengan sifat kompetitif dan dominan yang identik dimiliki para lelaki. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Catatan Akademi Sains Nasional, 36 persen perempuan memilih karier berisiko tinggi di bidang finansial, seperti bidang investasi atau perdagangan uang. Sementara, jumlah lelaki yang memilih pekerjaan berisiko sekitar 57 persen.

”Studi ini adalah yang pertama menunjukkan bahwa faktor biologis memengaruhi lelaki dan perempuan dalam mengambil risiko seputar keuangan. Perbedaan level testosteron antara setiap individu juga memengaruhi perilaku ekonomi dan pilihan karier seseorang,” kata Profesor Dario Maestripieri, salah satu pemimpin studi.

Menurut salah satu penulis studi, Profesor Luigi Zingales, penelitian juga  menunjukkan adanya implikasi signifikan dari level testosteron yang dimiliki seseorang. Bahwa, hormon ini memengaruhi seseorang untuk lebih berani dalam pengambilan risiko di pasar keuangan.

”Meski begitu, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui seperti apa mekanisme efek testosteron terhadap kerja otak,” katanya.

Penelitian ini melibatkan 500 lelaki dan perempuan, yang merupakan mahasiswa jurusan bisnis bergelar MBA di Universitas Chicago. Para peneliti mengukur level testosteron responden ini dengan mengambil sampel air liur mereka.

Responden juga diberikan pertanyaan berseri seputar cara mendapatkan uang. Seperti pilihan cara yang lebih aman tetapi sedikit menghasilkan uang, atau cara berisiko seperti lotre tetapi menjanjikan uang dengan nilai lebih tinggi


(kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar