Rabu, 15 Desember 2010

Solusi lingkungan

Dai Haifei, arsitek asal Beijing, Cina berhasil menemukan solusi mendapatkan rumah tanpa harus membayar. Dia membangun sendiri tempat tinggal berbentuk telur yang bisa berpindah-pindah. Untuk mendapatkan listrik haifei memanfaatkan tenaga matahari. Rumah setinggi dua meter ini sangat kecil sehingga bisa diletakkan di trotoar jalan. Rumah ini dibuat dari bambu, kayu, karung dan biji rumput yang akan tumbuh pada musim semi mendatang. Di bagian atasnya dipasangi panel surya yang bisa menyalakan lampu dan peralatan elektronik lainnya. Haifei menghabiskan 1000 dolar untuk membangun rumah nyaman ini.

AFP / Getty Images
Rumah telur tersebut lalu diparkir disamping gedung tempat ia bekerja. “ Saya telah tinggal disini selama beberapa bulan, saya terhindar dari kemacetan kota Beijing dan bus yang penuh sesak. Saya dapat menyimpan lebih banyak uang,” tambahnya.
Di Bagian dalam Egg House, terdapat tempat tidur, sedikit ruang kosong, solar panel untuk listrik, lampu, dan jendela transparan di bagian atap, tangki air, dan tempat cuci.


Keseluruhan struktur rumah ini adalah portable, karena berada diatas 4 roda yang memudahkan untuk dipindah-pindah. Dai Haifei, selalu makan diluar setiap hari, menggunakan toilet umum, dan mandi di ruang olah raga milik perusahaan tempatnya bekerja.
Sumber: Yahoo Green

Tidak ada komentar:

Posting Komentar