Sabtu, 18 Desember 2010

Ibu Jari Bengkok akibat "High Heels"

Anda yang gemar memakai sepatu berhak tinggi, coba perhatikan kaki Anda. Apakah ada bagian yang menonjol di bagian dalam, dekat ibu jari? Jika ya, itu artinya Anda mengalami peradangan ibu jari.
Problem kaki ini mulai terekspos setelah Victoria Beckham makin sering terlihat berdandan kasual mengenakan sepatu flat atau sandal jepit, bahkan saat berkeliaran di Beverly Hills. Sebelumnya, Victoria selalu mengenakan sepatu berhak 12 cm untuk situasi apa pun. Paparazzi mencuri-curi gambar kakinya dan terlihat kaki ibu tiga anak ini mengalami pembengkakan hebat. Tampaknya, ia sudah tak dapat menahan rasa sakit pada kakinya.

”Ini benar-benar memalukan. Saya harus menjalani operasi, tapi katanya sakit banget, ya?” katanya kepada Women’s Wear Daily, pasrah.

Pada operasi bunionectomy, begitu namanya, dokter akan memotong sendi ibu jari, kemudian meluruskan kembali tulang kaki dan mengamankannya dengan sekrup. Ini merupakan operasi besar dan kabarnya membuat Victoria tak bisa tidur berhari-hari memikirkannya.
Hanya pemicu
Bunion dalam bahasa medis disebut Hallux Valgus. Sebenarnya ini salah satu masalah kaki yang paling umum. Terjadi perubahan struktur tulang dan sendi antara kaki dan ibu jari yang membuat tulang di sekitar sendi ibu jari menonjol keluar. Masalah ini juga lebih sering memengaruhi perempuan daripada laki-laki karena mungkin jaringan pengikat sendi yang menghubungkan tulang-tulang kaki pada perempuan lebih longgar daripada kaki laki-laki.
Perubahan bentuk ini dapat berkembang dari ketidaknormalan pada fungsi kaki, atau sendi, tetapi paling banyak karena mengenakan sepatu yang tidak pas. Sepatu yang haknya terlalu tinggi membuat beban tubuh condong ke depan dan menekan jari-jari kaki. Sedangkan sepatu yang terlalu ngepas atau sempit, dengan ujung yang meruncing, dapat menyebabkan kaki mulai mengikuti bentuk ujung sepatu. Jari-jari mereka seakan diremas di dalam sepatu, menyebabkan tulang telapak kaki pertama menonjol keluar.

Sepatu memang bukan satu-satunya penyebab ibu jari bengkak. Ada pula perempuan yang mewarisinya dari keluarga. Trevor Prior, konsultan bedah podiatric dari Society of Chiropodists and Podiatrists, mengatakan, ”Tidak ada satu penyebab saja dari perubahan bentuk ibu jari. Kadang-kadang bahkan tak ada hubungannya dengan sepatu.”
Namun, Prior mengingatkan, sepatu memang merupakan faktor pemicu. Jika Anda mendapatkan kecenderungan untuk masalah kaki ini, sepatu yang tidak layak bisa memperparah masalahnya.
Mengenakan sepatu yang baik (misalnya dengan ujung yang tak terlalu sempit) bisa memperlambat perkembangannya. Perawatan tanpa operasi juga bisa dilakukan dengan merendam kaki Anda di dalam air hangat untuk mengurangi rasa sakitnya. Namun, apabila kondisi kaki Anda sudah parah, seperti pada kaki Victoria, satu-satunya cara untuk memperbaiki pembengkakan ini adalah dengan melakukan operasi.

(kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar